Rabu, 18 Maret 2015

Bahasa Indonesia vs Bahasa Daerah

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dipakai oleh masyarakat yang ada di dalam Negara Indonesia. Bahasa Indonesia bersifak umum dan ada disetiap daerah yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia harus dipelajari dan digunakan pada sesame agar dapat mengerti satu sama lainnya. Tanpa disadari bahasa Indonesia yang hanya digunakan oleh masyarakat dalam Negara Indonesia, kini telah menjadi bahasa internasional yang setara dengan bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia ini sangat berbeda dengan bahasa daerah yang ada di Indonesia, bedanya bukan karena bahasa daerah tidak boleh digunakan oleh masyarakat luar, akan tetapi bahasa daerah sedikit sulit dari bahasa Indonesia yang telah menjadi bahasa umum.

Mengapa bahasa daerah tidak menjadi bahasa umum? Karena bahasa daerah satu tidak sama dengan bahasa daerah lainnya, contohnya bahasa melayu yang ada di pulau Kalimantan dengan bahasa sunda yang ada di bagian jawa barat. Jika kita menggunakan bahasa melayu di jawa barat, maka kita akan dianggap oleh masyarakat sekitar dengan sebutan pendatang. Maka dari itu bahasa Indonesia wajib di pelajari untuk masyarakat Indonesia yang berada di daerah-daerah terpencil.

Ada beberapa alasan yang mengatakan bahasa daerah yang seharusnya di wajibkan karena menjadi salah satu khas dari Indonesia itu sendiri. Akan tetapi, Indonesia tidaklah bisa mempunyai terlalu banyak bahasa, karena bahasa Indonesia sudah cukup untuk mewakili Negara Indonesia.

Sebenarnya bahasa Indonesia dan bahasa daerahitu cukup mirip, hanya berbeda dari segi pengucapan dan dimana orang itu mengatakannya. Karena bahasa derah tidak dapat digunakan untuk bahasa internasional. Akan tetapi bahasa daerah seharusnya dapat menjadi pedoman untuk bangsa luar yang tidak harus menggunakan bahasa nasional setiap tempat.
Bahasa Indonesia vs bahasa daerah ini menjadi salah satu topik yang dapat kita ambil dari percakapan sehari-hari, seperti saya yang dirumah selalu menggunakan bahasa Indonesia dan teman saya yang selalu menggunakan bahasa melayu dirumahnya. Hanya karena perbedaan pendapat ini yang dapat membedakan bahasa Indonesia ini telah menjadi bahasa internasional yang menyamai dengan bahasa inggris. Semoga Negara Indonesia semakin maju Karen bahasanya dan pulau-pulaunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang keras untuk memaki ataupun menggunakan kata-kata kotor!